IMG_20160813_210830 - Salin

Penyuluhan PSN RT02 RW03 Desa Sidareja

Sidareja, 13 Agustus 2016 – Penyuluhan PSN Demam Berdarah dilaksanakan di balai RT di wilayah RT 02 RW 03. Kegiatan penyuluhan juga disertai pemberian poster mengenai tanda Demam Berdarah dan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta penyuluhan merupakan bapak bapak warga dan Ketua RT 02 RW 03 dan segenap jajaran pengurus.

Kegiatan Penyuluhan berjalan dinamis dan dialogis, terlihat dari antusias peserta ketika menyimak, menanggapi dan mengajukan pertanyaan terkait materi penyuluhan, tidak hanya mengenai PSN tapi juga tentang pengobatan Demam Berdarah. Materi disampaikan oleh Wita selaku koordinator bidang kesehatan KKN UNSOED di Desa Sidareja.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sangat perlu dan mendesak digalakkan di Desa Sidareja, terutama di RW 03 dimana terdapat banyak warga yang terserang Demam Berdarah untuk mencegah warga terkena Demam Berdarah. Program PSN diketahui efektif dan efisien dibandingkan dengan program penanggulangan Demam Berdarah lainnya. Khususnya pemberlakuan 3M (Menguras, Mengubur dan Menutup) harus dilakukan secara benar dan teratur sehingga dapat menghambat telur atau jentik nyamuk berkembengbiak.

Penyuluhan mengenai 3M Plus yang benar dan teratur akan mengurangi jumlah nyamuk penyebab Demam Berdarah sehingga warga terhindar dari Demam Berdarah. Selain itu, tujuan diadakan penyuluhan ini diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat yang tidak hanya mengandalkan foging sebagai sarana pemberantasan nyamuk dan beralih melakukan 3M Plus secara benar dan teratur.

poster psn - Salin

(Juwita Retnoningtyas/kknunsoed)