Dalam artikel ini, kami menulis tentang salah satu program kerja dari bidang ekonomi Mahasiswa KKN Posdaya UNSOED di Desa Sidareja yaitu penyuluhan mengenai pentingnya menabung dan pembuatan celengan dengan pemanfaatan barang bekas yang ada di sekitar. Hal yang melatarbelakangi kami melakukan kegiatan tersebut adalah kami melihat masyarakat khususnya anak-anak memiliki sifat konsumerisme yang sangat tinggi. Dari latar belakang tersebut kami tegerak untuk membuang sifat konsumtif dan merubah pola fikir masyarakat dari usia dini dengan mengajak atau memberi motivasi untuk senantiasa menabung.

Program kerja kami ini merupakan dua kegiatan yaitu non fisiknya berupa penyuluhan dan pembuatan celengan merupakan program fisiknya. Kami melaksanakan dua program kerja secara bersamaan mengingat tujuan dari dua kegiatan tersebut adalah sama yaitu mengajak untuk rajin menabung. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi sekolah dasar di desa Sidareja. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada Senin, 15 Agustus 2016, akan tetapi setelah kami hendak meminta izin kepada pihak sekolah, pihak sekolah yaitu SDN 06 Sidareja meminta agar kegiatan diundur seminggu kemudian karena pada minggu tersebut siswa-siswi disibukan dengan kegiatan HUT ke-71 RI. Akhirnya kami sepakat melaksanakan proker ini pada Senin tanggal 22 Agustus 2016.

Suasana kegiatan sosialisasi gemar menabung dan pembagian celengan bersama siswa SD.

Suasana kegiatan penyuluhan gemar menabung dan pembagian celengan bersama siswa SD.

Persiapan kami lakukan selama kurang dari satu minggu meliputi pencarian materi dan pembuatan celengan dari kardus bekas berbentuk kubus yang dilapisi kertas sampul agar mudah dihias. Pada hari-H, kami disambut hangat siswa-siswi SDN 06 Sidareja. Pertama-tama kami berkenalan dilanjut dengan pemberian materi, akan tetapi karena kami merasa kesulitan mengenai bahasa dan pembawaan yang takutnya akan sulit dimengerti anak-anak, kami sepakat untuk merubah penyuluhan menjadi pemberian motivasi dan mengajak anak-anak untuk senang menabung. Setelah pemberian motivasi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian celengan yang masih polos dan kemudian kami meminta anak-anak untuk menghias celengan tersebut dengan menggambar di sisi-sisi celengan tersebut. Awalnya mereka bingung apa yang akan digambar, tetapi setelah kami memberi contoh gambar semangat mereka terpacu dan kreatifitas mereka keluar. Setelah semua selesai menggambar, tanpa kami perintahkan mereka memasukkan uang saku mereka ke celengan mereka masing-masing. Kami berharap, hal tersebut merupakan awal yang baik dan besok, lusa dan seterusnya mereka terus mengisi celengan tersebut hu\ingga penuh dengan uang saku yang mereka sisihkan setiap harinya. Besar harapan kami, satu-dua bulan ke depan celengan tersebut bisa penuh dan uang hasil menabungnya mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban orang tua mereka. Harapan jangka panjang kami mereka siswa-siswi terus melanjutkan kegiatan gemar menabung hingga besar nanti dan juga sifat konsumtif pada masyarakat Desa Sidareja akan hilang demi memajukan perekonomian desa.

Rahmat Angky Prayogi – KKN UNSOED 2016