Semangat merayakan kemerdekaan Indonesia begitu terasa di Desa Sidareja. Sebagian kecilnya, bara semangat nampak jelas di kawasan RW 02 Dusun Cibenon Lor, Desa Sidareja dari penyelenggaraan lomba untuk anak-anak dalam rangka memperingati hari kemerdekaan negara kita.

Anak-anak datang dengan kegembiraan dari ketujuh rukun tetangga (RT). Silau dan teriknya matahari di Jumat sore, 19 Agustus 2016 kemarin tidak menyurutkan keinginan anak-anak untuk berkumpul dengan teman dan memenangi perlombaan.

Terdapat empat perlombaan yang diikuti anak-anak RW 02 Dusun Cibenon Lor Jumat sore kemarin. Meskipun sederhana, suasana yang tercipta justru sangat menggembirakan. Adalah lomba memasukkan pensil ke dalam botol, lomba membawa kelereng dengan sendok, lomba makan kerupuk, dan lomba pecah air yang digelar mulai pukul 15.30 hingga 17.30 WIB.

Pesertanya beragam, mulai dari kanak-kanak, hingga mereka yang akan menginjak usia remaja. Tidak luput dari pandangan, anak-anak ditemani orang tua atau sang nenek dan kakek untuk menyemangati selama perlombaan, atau sekedar menonton keseruan acara.

Suasana lomba 17-an di RW 02 Ds. Cibenon Lor, Desa Sidareja (laela)

Suasana lomba 17-an di RW 02 Ds. Cibenon Lor, Desa Sidareja (foto: laela)

Agenda ini berjalan seru sejak perlombaan pertama dimulai, yaitu memasukkan pensil ke dalam botol. Selain nuansa persaingan yang tersebar ke seluruh penjuru lapangan RW 02 Dusun Cibenon Lor, lomba-lomba kemerdekaan ini juga kental dengan humor, toleransi dan kejujuran. Jenis lomba disesuaikan dengan kategori peserta. Anak-anak pun yang menjadi pesertanya menunjukkan mental pejuang bahkan tanpa diminta karena turut mengawasi sportifitas lomba sebelum dijalankan.

Meskipun dari masing-masing perlombaan hanya diambil dua juara umum, semua anak-anak peserta lomba di RW 02 Dusun Cibenon Lor adalah juara bagi saya dan teman-teman KKN Unsoed yang menjadi tamu dalam perhelatan ini. Keiikutsertaan anak-anak dalam lomba saja sudah patut kami acungi dua jempol. Urusan menang atau tidak bukan masalah besar.

Persiapan lomba membawa kelereng dengan sendok (laela)

Persiapan lomba membawa kelereng dengan sendok (foto: laela)

Kegigihan peserta selama lomba makan kerupuk berlangsung (alifah)

Kegigihan peserta selama lomba makan kerupuk berlangsung (foto: alifah)

Dari kegiatan ini saja, kami sebagai mahasiswa KKN Unsoed sudah bisa belajar banyak hal baru yang belum tentu diperoleh di bangku perkuliahan.

Kemerdekaan Indonesia mungkin memang belum meliputi segenap aspek kehidupan warganya, tapi kita sebagai warga negara yang baik dapat melanjutkan kemerdekaan dengan mengisinya secara bersemangat. Kemerdekaan Indonesia juga dapat diwarnai dengan kontribusi kita dalam memajukan bangsa dengan kebaikan, pendidikan dan sikap pantang menyerah. Isilah kemerdekaan dengan keinginan terus berkarya dan melakukan hal terbaik bagi negeri kita!

Oleh: Laela Nur Fadila (KKN UNSOED 2016)