Penyerahan Papan Posdaya RANGGASENA

Penyerahan Papan Posdaya RANGGASENA

Pada Sabtu, 20 Agustus 2016 tepatnya pada pukul 20.00 wib diadakan malam resepsi dalam rangka memperingati HUT RI ke 71. Acara tersebut merupakan malam puncak setelah serangkaian kegiatan di RW02 Dusun Cibenon Desa Sidareja sebagai wujud apresiasi terhadap para peserta lomba yang telah dilaksanakan pada Tanggal 19 dan 20 Agustus 2016. Selain itu dalam acara resepsi tersebut diadakan penyerahan papan Posdaya “RANGGASENA” dari mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman kepada ketua umum posdaya yaitu Bapak Amir Hari Susanto yang merupakan ketua RW 02.

Posdaya “Ranggasena” merupakan suatu forum komunikasi, silaturahmi sekaligus sebagai wadah kegiatan yang dapat dikembangkan di masyarakat khususnya warga RW02 terutama dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Adapun tujuan posdaya adalah menghidupkan kembali semangat kebersamaan dan kegotongroyongan di masyarakat sehingga anggota masyarakat dapat berpastisipasi dan saling membantu dalam mengatasi masalah yang dialami warganya terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

Sebelumnya telah ada posdaya di Desa Sidareja dan tingkatnya desa. Tetapi tidak berjalan / vakum. Maka setelah kami tim KKN Universitas Jenderal Soedirman  berdiskusi dengan beberapa perangkat desa tentang posdaya kemudian tercapai kesepakatan bahwa kami akan membentuk lagi posdaya di Desa Sidareja tetapi tingkatnya RW tujuannya agar lebih dapat berjalan efektif. Harapannya nanti dapat terbentuk posdaya disetiap RW di Desa Sidareja. Kemudian pada tanggal 5 agustus 2016 terbentuklah posdaya yang diberi nama “Ranggasena” sesuai dengan nama posdaya yang telah ada sebelumnya.

Sebrina Wulan N – KKN Universitas Jenderal Soedirman 2016