Mahasiswa KKN Unsoed (Universitas Jendral Soedirman) yang ditempatkan di Desa Sidareja pada hari Sabtu, 13 Agustus 2016 mengadakan program kerja khususnya dalam bidang ekonomi yaitu Penyuluhan UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) dan Koperasi Simpan Pinjam yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB tepatnya di Balai Desa Sidareja yang dihadiri oleh para pelaku usaha UMKM se – Desa Sidareja. Pembicara dalam penyuluahan UMKM tersebut merupakan Dosen dari Unsoed yaitu Novita Puspasari, S. E, M. Sc, Ak, CA, Pak Nurdin yang mereupakan Ketua UP2K kecamatan Sidareja, dan juga Kepala Desa Sidareja yaitu Teguh Budi Suhartono.

Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, UMKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan yang penting karena sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun moderen. Peranan usaha kecil tersebut menjadi bagian yang diutamakan dalam setiap perencanaan tahapan pembangunan perekonomian Indonesia. Peranan perokonomian sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan ekonomi pedesaan.

Secara garis besar, terdapat 3 kebiajakan pokok yang dibutuhkan dalam pemberdayaan UMKM. Pertama, menciptakan iklim usaha yang kondusif sekaligus menyediakan lingkungan yang mampu mendorong pengembangan UMKM secara sistemik, mandiri, dan berkelanjutan. Kedua, menciptakan sistem penjamin secara finansial terhadap operasionalisasi kegiatan usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh UMKM. Ketiga, menyediakan bantuan teknis dan pendampingan secara menejerial guna meningkatkan status usaha UMKM agar berkelanjutan dalam jangka panjang.

Penyuluhan UMKM dan Koperasi Simpan Pinjam merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan para pelaku usaha kecil dan menengah serta dalam mendapatkan permodalan khususnya bagi pelaku usaha di Desa Sidareja. Betapa banyaknya pengusaha mikro dan kecil yang harus diberdayakan untuk menciptakan 1 orang kesempatan kerja atau kesempatan usaha tambahan baru maka akan tercipta kesempatan kerja baru. Ini artinya jika kita mampu memberdayakan UMKM tersebut, upaya pemberantasan kemiskinan akan berhasil secara signifikan.

Gerakan pemberdayaan UMKM tersebut harus menjadi perhatian pemerintah secara serius, tentunya bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dan Perguruan Tinggi. Hal ini harus direalisasikan secara nyata dengan berbagai upaya strategis. Ini agar perancangan itu tidak sebatas retorika belaka.

Diky Fajar S. – KKN UNSOED 2016