Pada hari Jumat, 05 Agustus 2016, tim KKN Unsoed melakukan rapat koordinasi bersama warga RW 02 beserta Kepala Dusun Cibenon terkait pembentukan posdaya yang dilaksanakan di TPQ Al-Falah RW 02 Dusun Cibenon. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ketua RW 02, para ketua RT dari RW 02, Ketua Karang Taruna RW 02 Dusun Cibenon, serta full timer PKK Desa Sidareja.

Kegiatan ini merupakan program kerja utama dari tim KKN Unsoed yang bertujuan untuk menjalankan pemberdayaan keluarga di wilayah RW 02 Dusun Cibenon, Desa Sidareja.

Kegiatan tersebut menghasilkan terbentuknya posdaya (pos pemberdayaan keluarga) yang bernama Posdaya RANGGASENA dan diketuai oleh Ketua RW 02 yaitu Bapak Amir Hari Susanto.

Selain pembentukan organisasi posdaya, di dalam kegiatan tersebut juga pengesahan AD-ART (Anggaran Dana-Anggaran Rumah Tangga) yang telah dimusyawarahkan bersama Ketua RW 02 selaku Ketua Umum Posdaya RANGGASENA, tim KKN Unsoed, serta para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.
Di dalam posdaya tersebut, terdapat beberapa divisi yaitu:
1. Divisi Ekonomi
2. Divisi Kesehatan
3. Divisi Pendidikan
4. Divisi Lingkungan
Tiap divisi tersebut diketuai oleh satu orang anggota posdaya dan memiliki anggota minimal 2 orang.

Harapannya, pembentukan Posdaya RANGGASENA tersebut dapat berjalan dengan lancar dalam hal pelaksanaan kegiatan pemberdayaan di waktu yang akan datang.

Rizki Ardyan – KKN UNSOED 2016