perpustakaanPerpustakaan Desa Sidareja Kec. Sidareja Kab. Cilacap, kini memiliki koleksi buku beragam. Hal ini setelah adanya hibah buku dari Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dari Anggaran APBN 2013, desa Sidareja menerima 1.000 eksemplar terdiri dari berbagai jenis klasifikasi judul buku.

     Kepala Desa Sidareja Teguh Budi Suhartono (44) mengucapkan banyak terima kasih “Bantuan tersebut sangat berarti, terutama dalam upaya meningkatkan minat baca dan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat” ungkap Teguh Budi. S, Kamis (29/10)     Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, ini merupakan agenda yang sangat penting karena di akui atau tidak, kualitas sdm masyarakat Sidareja pada umumnya masih sangat rendah, yang salah satunya dalam hal penguasaan, pengetahuan. Dan lebih memperhatinkan lagi, masyarakat Sidareja cenderung tidak terbiasa memperoleh pengetahuan melalui bacaan, melainkan terbiasa melalui pendengaran dan penglihatan (menonton).

     Untuk itu, peran dan fungsi perpustakaan di harapkan dapat semakin meningkatkan minat baca dan budaya gemar membaca, dengan cara memberikan kemudahan dalam meng akses buku, jurnal, majalah dan publikasi lain, yang benar-benar dapat membantu terciptanya proses budaya gemar membaca.

     Dengan tersedianya buku yang beragam perpustakaan desa Sidareja mencoba mengenalkan pada lembaga-lembaga desa terutama PKK, namun demikian gedung perpustakaan desa Sidareja masih terlalu sempit yang hanya berkuran 3 x 4 m sehingga kurang nyaman bila pengunjungnya banyak, tapi itu tidak membuat semangat Pemerintah Desa Sidareja mengendoor karena ingin terciptanya warga Sidareja yang gemar membaca buku perpustakaan. (Usman Mulyadi. 30)