lokakarya_desa_2_0Pemerintah Desa Sidareja akan menyelenggarakan Loka Karya Desa 2.0 : Pengelolaan Informasi Desa pada tanggal 22-23 Oktober 2014 di Balai Desa Sidareja Kec. Sidareja Kab. Cilacap. Loka Karya Desa 2.0 merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh jejaring Gerakan Desa Membangun (GDM).

Kegiatan ini rencananya akan diikuti oleh 16 Desa dari wilayah Kabupaten Cilacap. Narasumber dan fasilitator antara lain Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Paguyuban Wahyu Manunggal, Gerakan Desa Membangun, Relawan Desa Cilacap, Relawan TIK Cilacap, Linux Sidareja dan Pusat Teknologi Komunitas (PTK) Mahnetik Lakpesdam NU Cilacap.

Materi yang dibahas dalam Loka Karya ini meliputi bedah UU N0.6 Tahun 2014 tentang kewenangan desa, pengelolaan website desa, pengelolaan dan pengemasan konten, media sosial serta aplikasi mitra desa.

Maksud dan tujuan program Loka Karya Desa 2.0 adalah :

  1. Pemerintah desa mampu menyebarluaskan isu-isu perdesaan melalui website desa berdomain DESA.ID.
  2. Pemerintah desa mampu mempromosikan potensi dan produk unggulan desa melalui website desa.
  3. Pemerintah desa mampu menyelenggarakan pelayanan publik, terutama pelayanan administrasi, secara prima.
  4. Pemerintah desa mampu melaksanakan keterbukaan informasi publik (KIP).
  5. Masyarakat desa dapat memantau rencana dan pelaksanaan pembangunan desa melalui sistem informasi desa.
  6. Pemerintah desa memiliki aplikasi/sistem yang mendukung pengelolaan informasi dan penyelenggaraan pelayanan publik yang berjalan dalam platform telepon pintar (smartphone).

Rincian rencana kegiatan terlampir di laman berikut cilacap.desa.web.id